Our previous journey: Kuwait

Saturday, January 05, 2008

Kuwait (Mini) Zoo

by : Pinot & Dita

Gerbang Kuwait Zoo

Sore ini, kami diajak oleh mas Hakim sekeluarga menengok kebun binatang Kuwait (Kuwait Zoo). Walau kami sendiri sudah menduga bahwa kebun binatang ini hanya ala kadar-nya, tapi ngga apa-apalah untuk dikunjungi - sekedar melihat dari dekat seperti apa yang diceritakan di blog keluarga om Noor Aziz atau suami rekan kerja Papin tentang kebun binatang ini.


Si ibu pedagang kaki lima

Memasuki lapangan parkir, beberapa orang (seperti kebangsaan Bangladesh, India atau Pakistan) mengerubungi kami menawarkan balon untuk anak-anak kami. Leia sudah sakaw saja menunjuk-nunjuk balon minta dibelikan. Disekitar gerbang terdapat pedagang kaki lima menjajakan mainan anak-anak (ada juga ternyata di sini pedagang kaki lima ya?) Seorang ibu pedagang berbusana hitam dengan cadar menutupi wajah memanggil-manggil Arwen & Leia menawarkan mainan dagangannya.

Ngetem di depan kandang
Ngetem depan kandang rusa

Setelah membayar 500 fils per orang (termasuk anak-anak) kami memasuki taman margasatwa milik pemerintah Kuwait ini. Arwen menyewa sebuah mobil-mobilan dengan tarif 1 KD/jam dan civil ID sebagai syarat jaminan - berasa mau sewa mobil beneran saja.

Rusa senior
Leia mencoba berkomunikasi dengan sang rusa yang tampak sedih ingin curhat

Jika dibandingkan Ragunan, Jakarta atau Gembira Loka, Yogyakarta (seperti yang disebut om Noor Aziz), kebun binatang ini cupu pisan. Mungkin setara dengan Taman Hewan di bilangan Ganesha, Bandung. Sesuai informasi, luas kebun binatang ini hanya 18 hektar dan dilengkapi 60-an spesies di dalamnya. Jumlah ini adalah sisa setelah 70% populasi hewan di sini disantap pasukan Irak saat menyerbu Kuwait.
Walau koleksi hewan tidak banyak dan area tidak luas, kami tidak bisa berkeliling dan menengok seluruh kandang karena hari sudah gelap (kami datang terlalu sore).

Untuk sebuah kebun binatang, tempat ini hanya sekedar pelengkap syarat fasilitas sebuah kota. Tidak lebih. Tapi untuk sebuah taman kota dengan fasilitas pelengkap beberapa kandang binatang, tempat ini cukuplah untuk hiburan keluarga.


Perbandingan
RAGUNAN ZOO
KUWAIT ZOO
Area
140 hectare
18 hectare
Species
29565
Specimen
4040140
Ticket
Rp 4000
500 fils (Rp 15000)
Didapat dari berbagai sumber di internet.
Jumlah species & specimen bukan angka akurat.





Lokasi :

(click to enlarge the map)

Lat 29°18'3.31" N
Long 47°57'40.34" E

Sumber :
http://www.kuwait-info.com/sidepages/tourism_placesofiterest.asp
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Ragunan
Post a Comment