Our previous journey: Kuwait

Saturday, January 26, 2008

Uncharted Ishbilya

by : Pinot

Papin sedang mulai bergairah kembali hobby ngoprek GPS, bermodalkan GPS unit tua buatan 2003. Yang menarik, kini 4 anggota geng New Kids on the Block (Aji, Daud, Eman & Yoswar) juga ikutan punya perhatian khusus dengan mulai mencari peta Kuwait yang bisa ditanam di PDA mereka masing-masing.

Diawali peluncuran software beta BobCat untuk MacOS X oleh Garmin pertengahan bulan ini, kegiatan mengumpulkan waypoint atau titik lokasi dimulai. Semua dipersiapkan dengan baik sehingga jika nanti sudah bisa punya mobil (AMIN!) bisa anti-kesasar. Insya Allah.

Namun, kami baru memperhatikan. Area tempak kerja kami, Ishbilya, belum tercover oleh peta mana pun. Baik dari Goggle Map, MapQuest ataupun Wikimapia. Yang terparah, area tersebut tidak tercover di file MapSource Middle-East versi 4 milik Garmin. Suatu ketika, kami pulang bersama rekan kerja yang menggunakan GPS di Toyota Prado-nya. Sama saja, jalanan di area Ishbilya tidak tercantum di layar GPS-nya.


Ishbilya terletak di sebelah kanan, bertetanggaan dengan stadion Jaber dan di bawah area Rehab

Memang, Ishbilya termasuk area yang baru dibuka dan sebagian masih berupa padang gersang. Mungkin butuh waktu untuk update. Tapi tetap saja rada heran, sebuah negara yang sudah pasti detail lokasinya diperhatikan oleh Amerika (secara mereka punya kepentingan di sini gituh!), seharusnya tidak terjadi status 'uncharted area' seperti ini. Barangkali versi militernya jauh lebih akurat dan update, versi sipilnya dibiarkan apa adanya :D

Jika Ishbilya uncharted, ada berapa lagi lokasi di Kuwait yang sama-sama tidak terdapat di peta? Let's tracking! Eh.. belum ada mobil ya?

Lokasi :


(click to enlarge the map)

Kantor Al Watan TV di Ishbilya
Lat 29 16.337
Long 47 56.103
Post a Comment