Our previous journey: Kuwait

Wednesday, February 20, 2008

Damaged Middle Eastern Cables : Sabotage?

by : Pinot

Masih tentang lumpuhnya jaringan internet di Timur Tengah yang terjadi beberapa minggu lalu. International Telecommunication Union (lembaga telekomunikasi PBB) berpendapat ada unsur sabotase pada putusnya 5 kabel bawah laut dengan alasan :


  • 5 kabel di tempat berbeda terputus berturut-turut dalam waktu yang berdekatan. Hal ini tidak bisa dianggap 'kebetulan'.

  • 1 kabel bisa jadi memang terputus karena jangkar kapal, namun 4 lainnya berada jauh di dasar laut dan di area yang jarang dilalui kapal.



Motif sabotase masih dalam penyelidikan. Hal ini menguatkan spekulasi yang beredar beberapa hari lalu, seperti spekulasi bahwa Al Qaeda atau Amerika disebut-sebut dalang dalam peristiwa ini. Namun pendapat salah seorang rekan kerja yang bekerja sebagai jurnalis di redaksi kantor kami, dugaan kuat tersangka kasus ini adalah Amerika karena dampak terparah dialami Iran - kualitas komunikasi drop hingga 100% . Sementara Israel & Irak aman tenteram tidak terganggu sedikit pun. Motif sabotase adalah bagian rangkaian rencana besar menggempur Iran. Hmm.. jika ini benar berarti kami sekeluarga harus ngungsi balik ke Indonesia.
Read more here.

Btw, di situs Gizmodo.com, Godzila dianggap sebagai dalang utamanya. Halah! Pasti gara-gara nonton film Cloverfield!


Related stories :
- Kisah Seputar Lumpuhnya Jaringan Internet Tim-Teng
- Internet Tim-Teng Lumpuh
Post a Comment