Our previous journey: Kuwait

Sunday, April 20, 2008

Tamasya ke Kuwait Tower

by : Pinot



Seumur-umur, kami belum pernah menyentuh lantai Monumen Nasional dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Kini -- mumpung jadi turis -- kami sekeluarga menyempatkan diri bertamasya ke Kuwait Tower nan terkenal itu. Hanya dengan membayar 1 KD (Rp 30000-an) per kepala orang dewasa, kami bisa naik ke atas menikmati pemandangan Kuwait dari atas. Kami tiba tepat beberapa jam sebelum badai es mengobrak-abrik Kuwait seminggu lalu -- video rekaman menunjukkan kecepatan angin dan kondisi langit yang gelap menutup matahari sore saat pukul 16:00.

Di lantai viewing, terdapat 2 lantai. Paling bawah terdapat kursi dan meja untuk menikmati pemandangan. Di lantai atas, terdapat kafetaria dan toko suvenir. Tidak ada kursi, hanya meja tinggi untuk meletakkan makanan dan minuman, serta beberapa teleskop -- dengan memasukkan koin seharga 250 fils (Rp 7500-an) -- memantau pemandangan di kejauhan. Lantai 2 ini berputar dengan waktu 30 menit sekali putaran.


Diagram bukan aktual skala dan proporsi

Dengan bentuk struktur yang gemuk dan chubby, kami sempat menduga bahwa menara utama Kuwait Tower ini tidak lebih tinggi Monas (Monumen Nasional) Jakarta. Ternyata dugaan kami salah -- tertipu dengan bentuk struktur Monas yang ramping menjulang -- Kuwait Tower lebih tinggi 50 meter. Bahkan lantai public viewing-nya juga lebih tinggi daripada Monas. Ah, batal mbanggain Monas deh sama orang-orang Kuwait :P




Perbandingan
Monumen Nasional
Kuwait Tower
Tinggi
137 m
187 m*
Lokasi
Tengah kota
Pinggir pantai
Tahun pembuatan
1959 -
1961**
1975 -
1979
Ticket*
Rp 17.000***
KD 1
(Rp 30 ribuan)

Didapat dari berbagai sumber di internet.
* 187 m adalah tinggi menara utama, terdapat 2 menara lain dengan tinggi lebih rendah
** Dibuka untuk umum 12 Juli 1975
*** Harga tiket untuk hari libur. Hari biasa Rp 12.000

Related stories :
- Entertainment City
- Souk Sharq
- Friday market
- Kuwait (Mini) Zoo

Links :
- Monas Jakarta
- Kuwait Tower
Post a Comment