Our previous journey: Kuwait

Sunday, August 10, 2008

Icip-Icip Breadtalk Kuwait

by : Dita



Postingan ini gak bermaksud mendeskreditkan gerai roti ternama Breadtalk. Cuman mau rumpi-rumpi dikit soal gerai roti ini *sama aja yak*.

Selama setahun di Kuwait, kami baru 2 kali belanja di Breadtalk. Sementara waktu di Jakarta, dalam sebulan saja kami bisa beberapa kali menyambangi toko roti ini. Kayaknya kalo lewat depan Breadtalk latah aja pengen mampir, walau cuman membeli barang 1-2 items. Seneng aja liat varian-variannya yang begitu banyak dengan rasa yang cukup menggoda.

Kebetulan dulu, Mamin pernah ada proyek kerjasama launching varian Breadtalk terbaru di Jakarta. Dari situ, akhirnya kami tahu bahwa masing-masing roti punya filosofi tersendiri. Sesuai dengan namanya Breadtalk, mereka memang ingin jualan bahwa roti itu bisa "berbicara" tentunya lewat rasa. Didukung dengan penamaan tiap roti yang cukup kreatif, bukan sekedar roti keju, roti coklat, dsb. Sampe-sampe waktu itu kita mikir, asik juga ya strategi marketingnya, kreatif. Brainstorming dan bedah idenya jadi enak banget, karena materinya fun. Jaman itu mana ada toko roti yang dagangan kayak gitu. Menurut kita sih mereka cukup inovatif. Gak heran dimana-mana terlihat antrian bak ular naga panjangnya.

Waktu pertama kali tau ada Breadtalk di Kuwait, kirain bisa mengobati kerinduan akan aneka rasa roti mereka. Bayangannya seperti Breadtalk Jakarta, dengan gerai minimalis, clean dan biasanya terletak di pusat perbelanjaan terkemuka. Begitu liat Breadtalk Kuwait, kok rasa-rasanya ilang feeling ya. Gerainya kecil, sepi, terkadang nyempil dan gak terletak di tempat-tempat strategis. Begitu disamperin, blllaaaaahhhh makin gak excited aja, varian rotinya dikit dan gak kreatif, lebih banyak jenis roti asin. Nama-namanya pun gak kreatif. Roti keju ya roti keju, roti coklat ya coklat, kalaupun ada modifikasi paling-paling jadi roti keju coriander. Kebanyakan memang disesuaikan/adaptasi makanan Arab. Padahal sih ya, kalo menurut gue nih, coba deh lebih kreatif jualan, karena gue tau orang-orang Arab ini termasuk sweet tooth doyan yang manis-manis. Yakin deh kalo pake strategi marketing kayak di Indonesia, gak bakal sesepi ini. Akhirnya memang jadi roti yang gak spesial, biassaaa banget bukan roti yang berbicara. Lucunya, roti-roti ini dipasarkan juga di beberapa supermarket kecil. Model Sari Roti gitulah! :D

Kemaren tuh iseng beli Breadtalk (sekalian ngecilin duit). Beli roti keju 2, chicken floss 1, croissant isi chicken 1 dan opera cake 1. Semuanya 5 items, total 1.8 KD atau setara hampir Rp 60.000,-. Rotinya sih emang gak expect banyak, makanya nyobain cake-nya. Pilihan jatuh pada Opera Cake.....kebayang kan yumm yumm yummm. Layer demi layer berlapis buttercream, ganache dan sirup kopi.

Makanya begitu sampe rumah, yang disikat duluan rotinya, cake-nya disayang-sayang ;). Besoknya, bangun tidur siang sama anak-anak langsung kebayang sore-sore nyemil Opera Cake pasti sedep bener. Sepotong dimakan rame-rame. Masuk mulut....haapp....lempeng....
satu kata : biasa bangett ehhh 2 kata ding! :p. Masssiiihhh enakan bikinan gue jeh! Jauh!! *xixixixi narsis dikit, cuman kalo punya gue pasti kalah dipenampilan*.



Jadilah Opera Cake itu dimakan pelan-pelan, ilfil bow, jauh dari harapan. Akhirnya anak-anak yang ngabisin :D.

Kiraaaiiin....Breadtalk di dunia punya standart yang sama ato paling nggak mirip. Ada yang punya pengalaman lain? Di Breadtalk negara lain?

2 comments:

Vania said...

Dit,
di Mumbai sini... kalo mo nyari roti 'berkualitas' dgn standar rasa 'international' ya ke BT. Tau ndiri makanan lokal sini dominan bgt. Kalo ke mall, food courtnya 75-80% berjenis2 makanan lokal, sisanya western & chinese food.
Suasananya lumayan nyaman, mirip ama BT di Jkt. Roti2 jg disajiin di atas piring2 kaca segi4 super gede. Dibagi 2 bagian, veg and non veg. Mirip ama di Jkt, nama2 rotinya jg unik2. (gw doyan roti kismis-nya, tp lupa nama 'kerennya' di BT).

Harganya emang diatas harga local bakery (yg terkenal cukup murah). Jg lebih mahal dibanding harga di Jkt. Rata2 harga roti Rs 35-45. Sekitar Rp.8-11 rb sebiji. Roti tawarnya beken di kalangan expat :)...@Rs 50, bandingin ama bikinan bakery local yg cuma Rs 15-20. Bule2 lah yg byk ngabisin berjenis2 roti di situ. Gw pelanggan roti tawar lokal, yg dijual ama pedagangnya dari pintu2 ke pintu apt. Fresh bgt biasanya.

Nah yg deket ama apt kita, gerai BT-nya berupa toko 'lepasan' gak dlm mall. Facade (kulit bangunan)-nya full glass (kayag aquarium) he..he..he.. Nyamannya, krn di sediain tempat makan dalemnya. Cuma 5-6 meja sih.

Menu yg beda ama BT lainnya adalah SANDWICH (@Rs 60). Sandwich lumayan populer di sini, pengaruh masa kolonial Inggris dulu.
Ada bbrp jenis jenis di BT... dgn nama yg unik2 dan rasa yg macem2. Menurut gw yg paling okeh judulnya 'Popeye' yg isinya 'chicken + garlic mayonese'. Lainnya ada yg pake mutton, vegie, dan bbrp rasa2 'lokal'. Sandwich-nya dibikin wkt kita pesen, trus di grill bentar.

BT sini jg jualan berjenis2 cake, cuma gw belom pernah nyobain.

Sebenarnya gw dah lama bgt gak ke BT, kayagnya terakhir tuh udah 4 bl yll deh. Maklum dapur kita udah kayag bakery boo. Bakiiiing melulu.

Gitu deh ceritanya, kalo diterusin takutnya comment gw jadi lebih pajang drpd postingan elo Dit. ha..ha..ha..

Vania said...

Dit, lanjuuuuttt... gak nahan :D. Lupa crita, rada SARA sih sebenarnya. Di BT sini, gw pratiin tuh... pegawai2nya, yg bikin roti sih rata2 ya 'wajah local' sini-berkulit gelap. Tapi yg di 'barisan depan'~kasir dan waitress-nya dipilih yg berkulit 'terang' (org2 lokal dari utara, sekitar perbatasan dgn China & Nepal, jadi mirip2 Chinese gitu lah). Ini gak cuma di BT di deket apt kita, jg di BT di mall2. Yaah mungkin itulah kebijakan mrk.

Oh ya gw belum sempet nyobain cake2nya. Spt gw bilang sblm-nya, dapur gw udah nyaris nyamain bakery dalam hal kesibukan baking-nya :D.

Kemaren kebetulan kita ke sono, gw sempet foto2 (nyuri2, pake pocket digicam), gw upload di flickr gw.
Kalo elo maen ke sini gw traktir BT ampe puas deh Dit :D