Our previous journey: Kuwait

Sunday, March 30, 2008

Soal WC

by : Dita

Hiyaaaa...dah lama gak nongol (sorry lagi asik di dapur sebelah), sekalinya posting kok saru, gak sopan! :)).



Iya ini emang mau ngomongin WC aka toilet. Kirain di sini yang namanya WC jongkok atau cubluk (CMIIW) itu gak umum. Kasian deh gue...gak gaul di dunia per-WC-an...ahak ahakkkkk! Ternyata WC jongkok itu lumrah adanya. Soalnya emang baru aja nemu kemaren-kemaren ini. Satu di rest room-nya Eureka (sebuah toko elektronik besar), satu lagi di Entertainment City (kalo ini sadis, WC-nya jongkok semua bow!).

Karena penasaran, akhirnya konfirmasi dan tanya-tanya ke Aji. Ternyata beliau sering nemuin WC model beginian. Kaciman deh baru tau!!! :P.

Update April, 1st 2008 :
WC Jongkok atau Squat toilet atau Alaturka (Turki), dikenal juga sebagai Paati di Malayayalam atau Iranian toilet (Iran), ternyata memang tersebar di seluruh dunia. Jadi memang bukan barang aneh sebenernya.

Italia, Prancis, Switzerland, Balkans, USSR, India, Middle East dan Yunani adalah contoh negara-negara yang cukup akrab dengan WC model begini. Not to mention negara-negara Asia yah, kalo di Asia sih memang jamak.

Tapi sayang, setelah googling around, kami tidak menemukan sejarah dan asal-usul WC jongkok ini. Karena penasaran juga dengan komentar Sili bahwa WC model ini katanya berasal dari Belanda. Ada yang mau diskusi soal WC??? :D

Source : Wikipedia

4 comments:

Finally Woken said...

Kirain wc jongkok cuma ada di Asia. Suami saya bingung pas lagi tugas ke China, harus bagaimana menggunakan wc jongkok, maklum kebetulan tinggal di dusun waktu itu. Akhirnya gak jadi... sampai satu pagi ia keluar kamar dan melihat rekan kerjanya (yang asli dari China) sedang melaksanakan hajat dengan pintu terbuka!! Yak sejak itu suami saya tau bagaimana make wc jongkok. Cuma syoknya itu loh....

Anonymous said...

gw malah taunya dulu kita di indo pake WC jongkok krn budaya dari belanda. tp di belanda apa iya sih WC nya jongkok? tp kl umum jongkok bukannya lbh enak dit? palagi anak cowok gw kl pipis di wc umum maunya diri, susah bgt kl wc duduk, terlalu tinggi.

Dita said...

@ Sili : kalo gue repot Sil, anak2 cewek ini kalo pipis di WC jongkok malah jadi becek gak karuan, harus hati-hati bgt :)).

@ Anita : hihihihi...jadi sekarang uda ngerti dong ya cara pake WC jongkok ;)

azfaAZ said...

Kalo orang kuwait nyebut WC jongkok itu syarqie (شرقي) artinya orient... WC dari timur hehehe...