Our previous journey: Kuwait

Friday, November 30, 2007

Ready to Fly? Tunggu Dulu...

by : Dita

Siap "terbang"? Pastinya siap dan pengennya buru-buru dong bisa kumpul bareng lagi. Tapi tunggu dulu, masih ada tahapan yang harus kami lalui. Selesainya proses pembuatan visa oleh Papin di Kuwait masih berlanjut dengan beberapa proses berikutnya sampai akhirnya kami bisa berangkat.

Setelah Family Visa jadi, Papin mengirimkan dokumen tersebut ke Indonesia. Selanjutnya yang harus dilakukan Mamin dan anak-anak adalah Medical Check Up. Yang harus disiapkan adalah :
1. Pasphoto 4 x 6, 2 lembar.
2. Visa asli (kiriman Papin).
3. Fotokopi paspor.
4. Fotokopi surat/summary imunisasi (jika ada anak-anak) atau buku imunisasi anak. Summary imunisasi ini bisa diminta di rumah sakit, kami meminta surat ini dari Rumah Sakit Pondok Indah karena Pediatrician anak-anak ada di RS ini. Free, tidak dipungut biaya. Waktu pembuatan kurang lebih 7 hari.

Berbekal dokumen-dokumen tersebut, Mamin, Arwen dan Leia melakukan medical check up (mcu) di Klinik An-Nur (telp : 021-8307804, buka jam 9.00-17.00), yang terletak di bilangan Tebet, sesuai referensi dari Kuwait Embassy. Aktivitas pemeriksaan kesehatan ini tidak berlangsung lama, hasil bisa diambil keesokan harinya.

Biaya yang dikeluarkan :
Dewasa : Rp 375.000,-
Anak-anak : Rp 25.000,- (mereka hanya dibuatkan surat keterangan sehat, tidak ikut dalam aktivitas pemeriksaan fisik)


Suasana kedubes Kuwait di jalan Denpasar. Tidak ada ruang tunggu dan tempat duduk. Hanya ada teras kecil untuk jongkok saat berkomunikasi dengan petugas di loket. Mau duduk? Jalan kaki ke seberang dan duduk di trotoar di bawah pohon sambil menunggu panggilan giliran. Kalau lapar dan haus tinggal tunggu tukang bakso dan es buah lewat.

Esok harinya hasil MCU diambil dan langsung diantar ke Kuwait Embassy (Jl. Denpasar, Kuningan, telp : 021-5764556 ext 26) untuk dicap dan ditandatangan.

Dokumen yang disiapkan :
1. Visa asli.
2. Hasil Medical Check Up.
3. Paspor asli.

Biaya : Rp 550.000,- per orang

Jam buka untuk penyerahan dokumen: Senin-Kamis hanya dibatasi sampai jam 10.00.
Jam buka untuk pengambilan dokumen : Senin-Jumat, 14.00 - 16.00


Jongkok adalah syarat berurusan dengan administrasi kedubes Kuwait. Maklum, lubang loketnya rendah banget dan kecil mungil. Mungkin hanya Arwen yang bisa berdiri normal untuk mengurus administrasi.

Lama proses stamp : naaahhhhh ini gak bisa diprediksi :). Jadi better spare waktu deh, jangan mepet-mepet dengan waktu keberangkatan. Dokumen kami selesai dalam 5 hari kerja. Ini udah molor sehari dari waktu yang dijanjikan. Sebaiknya memang telpon dulu ke Embassy untuk men-cek apakah dokumen kita sudah siap.

And now.....we're ready to fly!!
Post a Comment