Our previous journey: Kuwait

Friday, November 30, 2007

Ready to Fly? Tunggu Dulu...

by : Dita

Siap "terbang"? Pastinya siap dan pengennya buru-buru dong bisa kumpul bareng lagi. Tapi tunggu dulu, masih ada tahapan yang harus kami lalui. Selesainya proses pembuatan visa oleh Papin di Kuwait masih berlanjut dengan beberapa proses berikutnya sampai akhirnya kami bisa berangkat.

Setelah Family Visa jadi, Papin mengirimkan dokumen tersebut ke Indonesia. Selanjutnya yang harus dilakukan Mamin dan anak-anak adalah Medical Check Up. Yang harus disiapkan adalah :
1. Pasphoto 4 x 6, 2 lembar.
2. Visa asli (kiriman Papin).
3. Fotokopi paspor.
4. Fotokopi surat/summary imunisasi (jika ada anak-anak) atau buku imunisasi anak. Summary imunisasi ini bisa diminta di rumah sakit, kami meminta surat ini dari Rumah Sakit Pondok Indah karena Pediatrician anak-anak ada di RS ini. Free, tidak dipungut biaya. Waktu pembuatan kurang lebih 7 hari.

Berbekal dokumen-dokumen tersebut, Mamin, Arwen dan Leia melakukan medical check up (mcu) di Klinik An-Nur (telp : 021-8307804, buka jam 9.00-17.00), yang terletak di bilangan Tebet, sesuai referensi dari Kuwait Embassy. Aktivitas pemeriksaan kesehatan ini tidak berlangsung lama, hasil bisa diambil keesokan harinya.

Biaya yang dikeluarkan :
Dewasa : Rp 375.000,-
Anak-anak : Rp 25.000,- (mereka hanya dibuatkan surat keterangan sehat, tidak ikut dalam aktivitas pemeriksaan fisik)


Suasana kedubes Kuwait di jalan Denpasar. Tidak ada ruang tunggu dan tempat duduk. Hanya ada teras kecil untuk jongkok saat berkomunikasi dengan petugas di loket. Mau duduk? Jalan kaki ke seberang dan duduk di trotoar di bawah pohon sambil menunggu panggilan giliran. Kalau lapar dan haus tinggal tunggu tukang bakso dan es buah lewat.

Esok harinya hasil MCU diambil dan langsung diantar ke Kuwait Embassy (Jl. Denpasar, Kuningan, telp : 021-5764556 ext 26) untuk dicap dan ditandatangan.

Dokumen yang disiapkan :
1. Visa asli.
2. Hasil Medical Check Up.
3. Paspor asli.

Biaya : Rp 550.000,- per orang

Jam buka untuk penyerahan dokumen: Senin-Kamis hanya dibatasi sampai jam 10.00.
Jam buka untuk pengambilan dokumen : Senin-Jumat, 14.00 - 16.00


Jongkok adalah syarat berurusan dengan administrasi kedubes Kuwait. Maklum, lubang loketnya rendah banget dan kecil mungil. Mungkin hanya Arwen yang bisa berdiri normal untuk mengurus administrasi.

Lama proses stamp : naaahhhhh ini gak bisa diprediksi :). Jadi better spare waktu deh, jangan mepet-mepet dengan waktu keberangkatan. Dokumen kami selesai dalam 5 hari kerja. Ini udah molor sehari dari waktu yang dijanjikan. Sebaiknya memang telpon dulu ke Embassy untuk men-cek apakah dokumen kita sudah siap.

And now.....we're ready to fly!!

11 comments:

0ni said...

have a safe trip, Pinot & family...ditunggu ceritanya :).

Anonymous said...

jgn lupa bawa mantel yg teballl yakkk.. dah mo puncak musim dingin neh.. grgrgrggrg...

moga selamat sampai tujuan...

Anonymous said...

Pleasant and safe trip and fun time with your family!!!

azfaAZ said...

akhirnya... ada juga yang motret gambar orang jongkok di loket kedutaan kuwait ini...
beberapa kali kesana gak sempet ambil gambar....
betapa kasiannya kita sejak sebelum sampai kuwait....

Alfred THANOS said...

Pinooot selamat akhirnya semua nya jadi satu di neverland doa kami sekuarga menyertai spy selamat sampai di tempat tujuan... tgl berapa rencana berangkat nya? apa masih sempat ketemuan dengan geng syuro kasih kabar gw dong biar ketemuan sblm meninggalkan tanah air...

salam hangat
alfred

Raida said...

awal tahun 2005 pas mo brgk ke kuwait cuman bermodalkan pasport ma visa yg di kirim dari kuwait, beruntung saya gak ikutan acara jongkok2 di sana yakkk..:D medical nya jg cuman di kuwait..jd di jkt numpang bandaranya doank.. peraturan kuwait ma suka berubah2 :(

btw, dah nyampai kuwait?

Pinot W. Ichwandardi said...

Tante Oni -
Iya nih. Lagi disusun ceritanya. Right after bongkar-bongkar koper :D

Tante Raida -
Terima kasih tante. Ttg baju anget jangan kuatir. Kita udah borong baju winter di factory outlet Rempoa :D

Tante Lidia -
Terima kasih tante. Ini juga pengalaman baru bagi kami memboyong gerombolan utk perjalanan jarak jauh.

Om Aziz
Iya nih. Ada wc jongkok, soto jongkok, warung jongkok, gang jongkok. Kita mesti bikin istilah utk ngurus administrasi visa di kedubes Kuwait Jakarta : visa jongkok.

Om Alfred -
Wah duh iya nih ngga sempet ngarumpul. Terima kasih doanya, bos.

Tante Raida -
Pakai visa visit ya waktu th 2005 nyampe Kuwait? Beruntunglah yg visa visit tidak melalui prosedur visa jongkok :D Iya nih udah sampai, lagi bongkar-bongkar koper... cari kunci apartemen ngga tahu ngelip di mana .. hehehehe

Moey said...

nice blog you got there mac freak as well here :)

Anonymous said...

Mas Pinot, I can't thank you enough.Your journey to Q8 & your wilingness to share, help me a lot. Jadi spt dikasih map & deskripsi petunjuk jalan. Smoga amal baik mas dibalas berlimpah oleh Allah SWT, amiin... :)

Pinot W. Ichwandardi said...

to Beby :
senangnya kalo bisa berguna buat orang lain :). Semoga bisa memberi gambaran rimba belantara administrasi Kuwait.

A. Ann said...

Wah gue asli ketinggalan berita. Senangnya bisa berkumpul kembali. Dah ga sabar mnunggu update-an dari dapur lu, Dit..:-)

Selalu menyenangkan membaca cerita dari keluarga Neverland ini..:-)