Our previous journey: Kuwait

Monday, December 01, 2008

Jordan Magical Mystery Tour : Day 2

5 November 2008

Saat tiba di Jordan kemarin, kami merasa sreg dengan negeri ini. Walau masih arab-arab juga (wilayah jazirah arab), Jordan punya ke-khas-an tersendiri. Selain dari kontur daerahnya yang berbukit-bukit, masyarakatnya cenderung ramah dan hangat. Seperti dari lahir sudah siap senyum dengan pelancong dari berbagai bangsa. Ngga kayak Kuwait yang manyun somse melihat foreigner, terutama Asia. Suasana ini membuat kami jadi semangat untuk ngubek-ngubek negeri ini. Hari ini, bangun pagi langsung prepare untuk mulai bertualang.

Sesuai bocoran panduan dari mas Ardhi dan mbak Susi yang sudah duluan ke sini, hari ini kami melakukan city tour di Amman yang memiliki banyak obyek wisata. Buat yang senang bertualang seperti Indiana Jones, pasti jatuh cinta dengan Jordan karena tempat ini banyak situs dan artefak bersejarah. Bahkan di tengah kotanya sendiri banyak ditemui tempat bersejarah peninggalan Romawi. Bersama mas Issromi, sang pemandu wisata dan penerjemah, kami menyewa taxi dengan membayar 30 JD (sekitar Rp 500.000-an) sehari.



Tujuan pertama kompleks Citadel yang dipenuhi puing-puing peninggalan romawi, nasrani dan islam.

Citadel (Jabal Al Qal'a) : Temple of Hercules/Heracles

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
click for geotag/location

Jam 11:51
Harga tiket 1 JD per orang dewasa. Di kompleks Citadel ini kami mengunjungi 4 situs : Temple of Hercules, museum arkeologi, Gereja Byzantine & Umayyad Palace. Dari gerbang tiket, berjalan beberapa meter langsung disodori pemandangan puing-puing Temple of Hercules. Menginjakkan kaki di tempat seperti ini, kami seperti dibawa ke mesin waktu, berimajinasi berada pada masa awal-awal masehi.

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
Kuil Hercules (click for geotag/location)

Temple of Hercules ini merupakan tempat suci untuk Dewa Melkom. Dulunya terdapat patung Hercules setinggi 9 meter, kini tidak tersisa tinggal reruntuhan (lihat perkiraan bentuk bangunan). Kuil ini dibangun pada pemerintahan emperor Marcus Aurelius pada sekitar tahun 160 - 180 SM. Sayang kondisinya agak amburadul dan tidak terurus karena banyak batu dan artefak yang sudah dicuri :(

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
Krucil asik makan snacks di antara reruntuhan Temple of Hercules (click for geotag/location)

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
Di sekitar Temple of Hercules dengan latar belakang perbukitan kota Amman (click for geotag/location)

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
Tempat ini sangat keren untuk terus diabadikan (click for geotag/location)

Citadel (Jabal Al Qal'a) : Museum

Jordan - Day 2 : Museum - Citadel - Amman
Di dalam museum (click for geotag/location)

Jam 12:20
Di kompleks ini terdapat Museum Arkeologi Jordan, tidak jauh dari Temple of Hercules. Bentuk fisik dan suasana bangunannya sendiri tidak terlalu menarik, cenderung tidak terawat. Namun, isi di dalamnya tetap saja memukau. Walau kami bukan arkeolog, tapi tetap serasa berhadap-hadapan dengan kebudayaan masa-masa awal masehi. Dan setiap benda bersejarah memaksa kami untuk membaca keterangan masing-masing benda.




Krucil agak tidak nyaman dengan suasana museumnya. Berasa spooky :) Kami pun tidak berlama-lama di dalam museum, melanjutkan jalan kaki ke tempat berikutnya, Gereja Byzantine.

Citadel (Jabal Al Qal'a) : Gereja Byzantine

Jordan - Day 2 : Temple of Hercules - Citadel - Amman
Pilar-pilar corinthian dengan dekorasi dedaunan acanthus menandari lokasi Gereja Byzantine (click for geotag/location)

Jam 12:49
"PILAR CORINTHIAN DENGAN DAUN ACANTHUS!!!" teriak histeris Papin memandangi pilar-pilar bekas gereja Byzantine yang dibangun abad 6 ini. Maklum, Papin pernah mengerjakan tugas kuliah berhubungan dengan sejarah budaya dan seni Romawi, dan pilar corinthian ini jadi referensi utama. Saat memandangi dan menyentuh benda aslinya (pilar corinthian) Papin jadi kesurupan kegirangan nyaris meluk cium pilar-pilar tersebut. Mas Issromi, pemandu wisata kami cuma terbengong-bengong melihat kelakuan turis ndusun ini.

Jordan - Day 2 : Byzantine - Citadel - Amman

Citadel (Jabal Al Qal'a) : Umayyad Palace

Jordan - Day 2 : Umayyad Mosque - Citadel - Amman
Umayyad Palace atau Umayyad Mosque (click for geotag/location)

Jam 13:00
Beberapa meter dari Gereja Byzantine, berdiri Umayyad Palace. Didirikan oleh dinasti Islam pertama, Umayyad, sekitar tahun 730 - 740 SM. Bangunan ini berfungsi sebagai masjid dan gedung pertemuan. Masuk ke dalam, krucil langsung berlari-lari dan berteriak kegirangan dengan suara mereka yang menggema.

Jordan - Day 2 : Umayyad Mosque - Citadel - Amman
Pintu masuk Umayyad Palace (click for geotag/location)

Jordan - Day 2 : Umayyad Mosque - Citadel - Amman
Ornamen dinding (click for geotag/location)


Arwen dan Leia berlarian di dalam hall Umayyad Palace (click for geotag/location)

Jam 13:25
Setelah menerawangi di dalam Umayyad Palace, kami berfoto-foto di pekarangan sekitarnya. Dari puncak bukit Citadel ini, kami dihibur pemandangan perbukitan kota Amman dari atas. Sementara bapak ibunya asik foto-foto, Arwen & Leia asik bermain di antara reruntuhan. Untung suhu sangat sejuk, jadi mereka tidak kepanasan.

Jordan - Day 2 : city view from Citadel - Amman
Bapak ibunya mejeng foto-foto.... (click for geotag/location)

Jordan - Day 2 : Umayyad Mosque - Citadel - Amman
... anak-anak bermain di pekarangan sekitar Umayyad Palace (click for geotag/location)

Jordan - Day 2 : Our Taxi - Citadel - Amman
Kendaraan ngider-ngider, taxi Jordan :P

Jam 13:38
Setelah 2 jam ngider-ngider dan foto-foto, perut terasa lapar. Kami melanjutkan ekspedisi ke Roman Theater, setelah makan siang terlebih dahulu tentunya :). Mas Issromi mengajak kami makan siang ke tempat yang sangat tepat.

Jordan - Day 2 : lunch at Anwar Mecca - Amman
(
Click for geotag/location)

Restoran "Anwar Mecca" yang menunya khas Timur Tengah grill-grill-an. Baru kali ini nemu makanan panggang-panggangan yang super mantabh! Kambing panggangnya juicy banget. Ayam panggangnya tak kalah menggugah selera. Semua disajikan dengan aneka cocolan dan side dish dan roti kobus tentunya. Buat yang travelling ke Jordan, musti kudu harus makan di resto ini. Bangunannya mirip banget sama restoran-restoran padang di Indonesia. Harganya juga reasonable, termasuk murah malah (jangan tanya ya porsinya....tau sendiri kan orang Arab makannya banyak). Kami memesan 4 piring kambing panggang, 2 piring ayam panggang dengan aneka macam side dish-nya dan minuman soft drink hanya dibandrol 17 JD. Letak restonya tidak jauh dari Roman Theater.

Jordan - Day 2 : lunch at Anwar Mecca - Amman
Kambing panggang yang bener-bener bikin pengen balik lagi makan di Anwar Mecca

Jordan - Day 2 : lunch at Anwar Mecca - Amman
Ayam panggangnya biarpun udah dingin tetep enak

Roman Theater

Day 2 : Roman Theater - Amman Day 2 : Roman Theater - Amman
Jalan menuju Roman Theater

Jam 14:50
Setelah kenyang, kami melanjutkan petualangan ke Roman Theater. Teater terbuka ini dibangun pada pemerintahan Antonius Pius di tahun 138-161 SM. Memotong bagian sisi bukit, teater yang berfungsi sebagai tempat event budaya dan olahraga ini mampu menampung 6000 penonton. Kami membayar tiket 1 JD untuk orang dewasa.

Day 2 : Roman Theater - Amman

Day 2 : Roman Theater - Amman Day 2 : Roman Theater - Amman

Day 2 : Roman Theater - Amman Day 2 : Roman Theater - Amman
Day 2 : Roman Theater - Amman Day 2 : Roman Theater - Amman
Suasana di Roman Theater (click for geotag/location)

Selesai melihat-lihat, kami diajak seorang pria Jordan ke toko suvenir dan kerajinan tangan yang terletak tidak jauh dari pintu masuk Roman Theater. Kami sempat menolak tapi dengan keramahannya pria tersebut berhasil 'memaksa' kami. Di dalam toko, barang-barang yang dipajang tidak berbeda jauh dengan apa yang kami lihat di daerah Ballad, hanya saja dijual agak lebih mahal.

Day 2 : Roman Theater - Amman

Day 2 : Roman Theater - Amman

Cave of Seven Sleepers

Day 2 : Cave of Seven Sleepers - Amman
Mamin mejeng di depan gua Seven Sleepers dengan cloak hitam (click for geotage/location)

Jam 16:00
Tour kota Amman kami akhiri dengan berkunjung ke Cave of Seven Sleepers, yang disebut-sebut dalam Al Qur'an dan Alkitab. Dalam hikayatnya, terdapat 7 orang (walau di Al Qur'an tidak disebutkan jumlah yang pasti) bersembunyi dalam gua tersebut selama 1 malam, namun kenyataannya oleh Allah mereka ditidurkan selama lebih dari 3 abad (tepatnya 309 tahun). Walau diduga ada beberapa tempat (Turki, Jordan, Syria, Arab Saudi dan Spanyol) namun diyakini gua Seven Sleepers di Amman ini adalah yang sebenarnya.
Sejarah lebih lengkap tentang gua ini bisa dibaca di sini.

Masuk dari gerbang masjid Ahlul Kahf, pengunjung wanita tanpa kerudung atau jilbab diwajibkan memakai cloak yang sudah disediakan petugas. Mamin jadi kayak salah satu tokoh dari Seven Dwarves dongeng Snow White.. hehehe.


Suasana di dalam gua

Menatap dan menginjakkan kaki situs ini, Papin dan Mamin kembali terpukau dan merinding. Gimana ngga merinding, kami berada di tempat yang sama seperti di sebutkan di Al Qur'an. Di dalam gua, tidak ditemukan kasur buat tidur, tapi terdapat undak-undakan batu seperti makam. Arwen komentar, "Tempat boboknya batu ya? Kan keras?"

Day 2 : Cave of Seven Sleepers - Amman
Arwen dan tempat tidur Seven Sleepers. Berpose buat kenang-kenangan dan bahan cerita nanti saat sekolah "Arwen pernah ke situ!" :)

Wisata arkeologi hari ini berakhir jam 16:00 . Alhamdulillah, krucil cukup enjoy dengan petualangan mereka hari ini. Bapak ibunya lebih dari enjoy. Such a great adventure! Kami istirahat untuk besok berangkat ke tempat petualangan lainnya : Petra!

Today Expense :
- Tiket masuk Citadel 1 JD (Rp 20.000-an)
- Tiket masuk Roman Theater 1 JD (Rp 20.000-an)
- 1 pashmina 10 JD (Rp 200.000-an)
- Sewa taxi city tour 30 JD (Rp 500.000-an)
- Makan siang 6 porsi grill 17 JD (Rp 300.000-an) :D

Our trail of Jordan and GPS (waypoints & tracks) file : http://web.me.com/pinot/ourtrail/jordan.html

Related stories :
- Jordan : Preparation
- Jordan : Day 1
- Jordan : Day 1 (Video)

References :
http://www.kinghussein.gov.jo/tourism1.html
http://travel.mapsofworld.com/jordan/tourist-attractions-in-amman/citadel-amman.html
http://www.art-and-archaeology.com/jordan/amman/cit01.html
http://www.visitjordan.com/default.aspx?tabid=119
http://www.petrapioneers.com/petra/amman.html
http://www.questia.com/library/encyclopedia/umayyad.jsp

No comments: