Our previous journey: Kuwait

Tuesday, December 23, 2008

Mereka dan Koteka

by : Pinot

Tidak semua orang tahu bahwa Papua adalah Indonesia. Tidak semua orang tahu masih ada suku 'tanpa busana' di Papua. Dan tidak semua orang tahu tentang koteka.

Awalnya, teman kami Sami the Lebanese mengirimkan junk-mail kepada kepada semua orang dengan judul : Somewhere in Africa. Dalam email tersebut, dia menunjukkan gambar-gambar pria kulit hitam telanjang hanya menggunakan 'bungkus' panjang pada kemaluannya. Bisa ditebak, yang dimaksud adalah gambar-gambar pria Papua dengan kotekanya.
Papin reply email tersebut dengan memberi klarifikasi bahwa pria dengan 'bungkus' kemaluan itu bukan di Afrika, tadi di Papua, Indonesia.

Esoknya, Sami mendatangi kami dengan wajah keheranan dan kepalanya penuh dengan pertanyaan "IS IT THAT BIG?"
Dipikirnya, besar kemaluan pria-pria Papua tersebut seukuran dengan koteka yang mereka pakai. Maka, bagai menonton episode National Geographic, Sami pun mendapatkan wawasan baru tentang Indonesia, Papua dan koteka. "How many tribes do you have in your country???"

Dan satu per satu - teman kantor berkebangsaan Kuwait, Lebanon, Mesir - mendatangi kami. Pertanyaannya tetap sama, "IS IT THAT BIG?" "WHAT IS THAT THING?" "OMG!"

"It's koteka my friend. And it's not from Africa, it's from Papua, Indonesia. And they're proud of it."

Post a Comment