Our previous journey: Kuwait

Tuesday, July 12, 2005

Brain Games u/ Bayi 9-12 bln

Permainan #1 : INI KAKI, SAYANG
Permainan ini dapat membantu bayi Anda mengenal anggota-anggota
tubuhnya.
Instruksi :
Tunjuk bagian-bagian tubuh bayi Anda, seperti kaki atau tangan. Iringi dengan lagu. Arahkan tangannya untuk memegang bagian tubuhnya.


Permainan #2 : BACA YUK!
Membacakan buku cerita adalah hadiah terindah yang dapat Anda berikan pada bayi Anda. Dapat Anda lihat, bayi Anda akan sangat tertarik dengan buku yang sedang dipegang.
Instruksi :
Tunjuk sebuah gambar di buku dan tanyakan padanya, “apakah itu?” Jika berulang kali Anda menanyakannya, ia akan mereka dalam memorinya. Tanyakan juga, “dimanakah…..?” Lihat apakah ia menunjuk pada gambar yang dimaksud. Biarkan bayi Anda bereksplorasi membuka tutup sebuah buku. Lakukan hal ini berulang-ulang

Permainan #3 : WAJAH GEMBIRA
Dorong bayi Anda untuk mengekspresikan perasaannya melalui cerita.
Instruksi :
Cari gambar orang dewasa atau bayi tertawa dan tersenyum dari majalah. Lekatkan di tembok dan ajak bayi Anda memandangi gambar tersebut sambil bercerita. Ceritakan padanya perasaan orang yang ada di gambar sambil tersenyum, ia akan berusaha mengingatnya.

Permainan #4 : AYO SAYANG, IKUTI MOMMIE!
Berbicara pada bayi dapat meningkatkan perbendaharaan katanya. Di sini mereka belajar imitasi.
Instruksi :
Katakan padanya sebuah kata, dan dorong bayi Anda untuk mengulangi. Jika ia berhasil mengulanginya, beri pelukan dan ciuman.

Permainan #5 : KELUAR MASUK KELUAR
Aktifitas ini mengajarkan bayi Anda mengenai konsep ruang. Masuk, keluar, di bawah, di atas, dll.
Instruksi :
Sediakan sebuah box/kotak. Masukkan mainan favoritnya ke dalam box. Bantu bayi Anda untuk mencari mainan yang dituju, kemudian keluarkan dari box. Kemudian masukkan lagi ke dalam box. Lakukan permainan ini berulang-ulang.(Dita)

Catatan : tulisan ini pernah dimuat dalam situs http://wrm-indonesia.org
Post a Comment