Our previous journey: Kuwait

Tuesday, July 12, 2005

Brain Games u/ Bayi 0-3 bln

Aktifitas bermain bersama bayi adalah kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan. Bahkan bayi baru berusia 0 bulan pun sudah punya naluri untuk bermain. Mereka senang digendong, dipeluk, dibelai pipinya, dsb. Tulisan yang akan terbagi dalam 4 bagian, sampai bayi berusia 1 tahun ini, merupakan hasil rangkuman dari buku yang saya baca (Brain Games for Babies, Toddlers and Twos karangan Jackie Silberg).


Aktifitas-aktifitas yang akan dijabarkan di bawah ini, adalah kegiatan yang dapat membantu dan merangsang perkembangan otak buah hati tercinta, melalui permainan-permainan yang sangat sederhana tapi dalam sekali maknanya.


Ada tiga fakta mengenai perkembangan otak manusia. Yang pertama adalah, kapasitas seorang individu untuk belajar dan berkembang sangat bergantung pada hubungan yang saling memperngaruhi antara bawaan genetik dan proses pengasuhan anak. Kedua, otak manusia telah dibentuk dan dirancang sedemikian rupa untuk menerima pengalaman-pengalaman, bahkan sejak awal kehidupan seorang manusia. Ketiga, belajar adalah proses yang tak pernah berhenti dari kehidupan seorang manusia.


Dari ketiga fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa otak manusia dapat berkembang secara maksimal, jika sejak dini distimulasi dengan baik. Untuk mendukung perkembangan otak bayi, yang perlu dilakukan orangtua adalah memenuhi semua kebutuhannya dengan segala atensi/perhatian dan kasih sayang. Bayi-bayi menjadi sangat bersemangat jika mereka tumbuh dalam lingkungan yang menarik untuk dieksplorasi, aman dan dikelilingi oleh orang-orang yang bisa merespon emosi dan kepandaian mereka. Semua dukungan ini bukanlah merupakan paksaan belajar untuk kemudian menjadikan bayi kita Baby Einstein, tetapi lebih kepada bentuk dorongan untuk mempersiapkan bayi kita menghadapi proses belajarnya di masa depan. Tak ada salahnya kan mempersiapkan landasan yang kuat sebelum kita membangun sebuah rumah?


Permainan #1 : PELUK AKU

Permainan ini dapat mengembangkan ikatan yang kuat antara Anda dan bayi Anda.


Instruksi :
• Peluk bayi Anda sambil nyanyikan sebuah lagu.
• Katakan betapa Anda menyayanginya.
• Cium pipi dan hidungnya.


Permainan #2 : BICARALAH PADAKU

Ketika Anda berbicara dengan bayi Anda, Anda berusaha menciptakan komunikasi dengannya. Ini adalah dasar dari kemampuan berbahasanya kelak.

Instruksi :
• Katakan hal-hal sederhana padanya, seperti “halo selamat pagi atau bayiku cantik.”
• Arahkan sang bayi sehingga dapat menatap wajah Anda dan lakukan kontak mata.


Permainan #3 : MUSIK DONG

Musik dipercaya dapat menenangkan bayi.


Instruksi :
• Perdengarkan musik pada bayi Anda.
• Pilih musik instrumentalia yang lembut atau lagu pengantar tidur.
• Musik dengan nada yang berulang-ulang diyakini dapat menenangkan bayi, karena suaranya seperti suara-suara yang sering ia dengar di dalam rahim.


Permainan #4 : KEMANA YA PERGINYA?

Jika sering dilakukan, permainan ini dapat membantu perkembangan kapasitas otaknya.

Instruksi :
• Pegang mainan atau obyek berwarna-warni di depan bayi.
• Pelan-pelan gerakkan obyek tersebut ke kiri dan ke kanan sambil berbicara kepadanya tentang obyek tersebut.
• Gerakkan juga dari arah atas ke bawah.


Permainan #5 : MUKA MOMMIE LUCU YAH?

Bayi sangat suka memperhatikan wajah orang, terutama wajah orang-orang yang mencintai dan dicintainya.

Instruksi :
• Coba berbagai ekspresi wajah dan bermacam-macam suara dari mulut Anda untuk membantu perkembangan penglihatan dan pendengarannya.
• Anda bisa mencoba :
o Menyanyi dengan mempertegas bentuk mulut.
o Mengedip-ngedipkan mata.
o Buat suara-suara seperti batuk atau bersin.


Permainan #6 : WAH KASARNYA!

Latih bayi Anda merasakan berbagai macam tekstur dari sebuah obyek. Ini akan melatih dan memperkaya pengetahuan akan dirinya dan lingkungan di sekitarnya.

Instruksi :
• Ambil kain yang halus seperti sutra dan kasar seperti handuk, kemudian letakkan di tangannya. Biarkan ia merasakan perbedaannya.


Permainan #7 : GANTI POPOK YUK

Kegiatan ini sangat bagus untuk membantu perkembangan motorik bayi Anda.

Instruksi :
• Saat mengganti popoknya, letakkan obyek yang menarik perhatian dalam jarak pandang matanya.
• Setelah selesai memakaikan popok, gendong si kecil dan bantu meraih obyek tersebut.


Permainan #8 : LUCUNYA SUARA MOMMIE

Suara dengan nada tinggi yang lembut diyakini dapat meningkatkan detak jantung bayi yang menandakan bahwa ia merasa aman dan bahagia.

Instruksi :
• Coba berbicara atau menyanyikan lagu dengan nada yang berganti-ganti. Kadang tinggi, kadang rendah. Dan lihat reaksinya terhadap dua jenis suara yang berbeda itu.


Permainan #9 : PEGANG JARI MOMMIE

Permainan ini dapat memperkuat otot tangan dan jari-jari bayi Anda, sekaligus merangsang perkembangan kemampuannya mengikuti sebuah obyek.

Instruksi :
• Biarkan bayi Anda menggenggam jari Anda.
• Setiap kali ia berhasil menggenggam, katakan sesuatu yang positif padanya, seperti, “wah kamu sudah kuat yah” atau “pintarnya anak mama.”



Permainan #10 : BUNYI APA TUH

Kombinasi antara kegiatan penglihatan dan pendengaran, membuat bayi Anda mempelajari bahwa ada hubungan di antara keduanya.


Instruksi :
• Pegang mainan berbunyi, yang biasa disebut rattle. Dekatkan pada wajahnya.
• Bunyikan mainan tersebut sambil gerakkan ke kanan kiri atau ke atas bawah.
• Biarkan bayi Anda mencoba memegangnya.


Bagaimana? Mudah sekali kan? Cara-cara yang sangat murah dan sederhana, tetapi efeknya sangat besar dan berarti bagi buah hati kita. (Dita)

Catatan : tulisan ini pernah dimuat dalam situs http://wrm-indonesia.org

Post a Comment