Our previous journey: Kuwait

Wednesday, September 16, 2015

Jadi Snapchat Artist di Salah Satu Event NYFW

Kota ini lagi heboh penghelatan fashion selama seminggu, NYFW. Papin kedapetan tugas jadi Snapchat artist dari agency. Setelah eksperimen menggambar di Snapchat selama sebulan, ternyata ada klien, COACH, yang suka dengan gambar-gambarnya dan diminta untuk menggambar di acara fashion mereka. Live, tanpa edit. Menggambar 10 snaps dengan waktu hanya 2 jam.



Rada ketar ketir ngebanyangin suasananya. Kebayang nggambar di sebuah event gede, oleh brand gede pula. Kebayang kalau ada masalah teknis, ngga bisa upload, gambarnya ngga sesuai harapan klien. Tapi langsung pede, karena yakin situasinya ngga jauh beda dengan pekerjaan news graphic saat ada breaking news - sempet kerja di news RCTI selama 7 tahun. Somehow agak kangen dengan pressure kerjaan seperti itu.

 

Sampai di lokasi langsung digeret ke backstage yang rusuh banget suasananya. Tempatnya kecil pula, setiap nggambar mesti siap kesikut atau kesenggol orang lewat wira wiri. Di tempat ini pula, Papin harus bikin 7 snap. Yeuk mareeee.

 

Bagai Coki Pelukis Cepat, Papin berhasil membuat 7 snap dan langsung upload setelah di-approve klien yang selalu ngintil di sebelah. Untung kliennya ngga bawel, paling cuma kasih input nama brand atau text yang mesti ditulis di caption.


Rebutan spot di tempat berdiri yang sungguh sempit

Berikutnya, Papin harus rebutan tempat bareng fotografer & videografer di media pit yang sangat sempit, untuk membuat 3 snap suasana di runway, dalam waktu hanya 15 menit!



Beruntung cuma pegang Samsung Galaxy Note, bukan kamera DSLR atau video yang harus diangkat tinggi-tinggi untuk dapat angle bagus. Tiga kali jepret, gambar, upload dan alhamdulillah lancar.

Selesai acara, klien langsung nyamperin dan berterima kasih sambil ketawa-ketawa "Are you okay?"
Sebuah pengalaman baru yang seru. Ngga nyangka, bekerja di kota ini bisa melakukan pekerjaan seunik ini. Sederhana tapi sekaligus kompleks. Semua gara-gara perkembangan social media.
Dan kali ini Snapchat yang sedang hot.

Asik. Seru. Sudah pasti mau kalau ada kerjaan begini lagi. Memang bener mirip dengan kerjaan breaking news: dalam hitungan detik dan menit harus tayang. Selesai tidak selesai kumpulkan!
Post a Comment