Our previous journey: Kuwait

Thursday, August 20, 2015

Home Automation 11 Tahun Kemudian

 photo 2840321.jpg

 photo 2840327.jpg  photo 2840317.jpg

11 tahun silam kami lagi getol-getolnya bereksperimen dengan home automation. Dari berbagai merk & jenis, dipilih modul X10 - yang menggunakan jalur listrik rumah sebagai network-nya. Controllernya pakai PowerBook lawas 1400cs dan modul Smarthome. Dengan konfigurasi begitu, bisa mengontrol lampu rumah, mengatur jadwal kapan lampu mati dan menyala dan otomatisasi ketika rumah kosong dan ada yang mencurigakan di halaman belakang - maklum, dulu belakang rumah adalah tanah kosong dan gampang banget dipakai untuk akses merampok rumah - langsung menyalakan TV atau kaset suara anjing menggonggong, seolah ada orang di rumah.

Eksperimen berhenti setelah mengalami kendala untuk memberi fungsi tambahan seperti mengontrol dari jarak jauh semua device lewat internet.

11 tahun kemudian, eksperimen dilanjutkan. Kali ini sudah banyak kemudahan teknologi dan banyaknya pilihan merk. Bahkan semua device bisa tersambung dalam satu network dan layanan. Terima kasih, internet & wifi.

Dipilihlah modul-modul littleBits. LittleBits bukan khusus untuk home automation, tapi memberi kemudahan jika ingin membangun project semacam itu. Apalagi ada paket khusus home automation, dengan modul-modul yang siap pakai untuk berbagai kebutuhan.



Dari modul-modul ini, yang sudah bekerja dengan baik adalah pembuka pintu kalau ada tukang kirim barang pencet bel dan pengantur AC jarak jauh.



Kedua project ini menggunakan modul andalan: cloudBits - modul penghubung dari/ke internet. Dengan modul cloudBits ini bisa berkomunikasi via email, SMS, notifikasi iPhone bahkan terhubung ke layanan IFTTT.com.


Ada tukang pos dateng, dia pencet bel, lalu kasih notifikasi ke iPhone, cek security cam dan membukakan pintu supaya dia menaruh barang di dalam.


Nyalain remote AC dari internet. Jadi, 15 menit sebelum pulang, rumah sudah sejuk tanpa harus menyalakan AC seharian.

Belum lagi brand ternama seperti Philips mengeluarkan produk lampu otomatis Philips HUE, lalu Nest thermostat dan Dropcam camera. Semua device bisa saling ngobrol dan koordinasi satu sama lain.

Sebagai bonus, littleBits membuat anak-anak jadi senang membuat project-project elektronika. Seperti misalnya membuat robot-robotan yang dikontrol oleh gerakan, suara atau cahaya.



Tidak menyangka, dalam 11 tahun teknologi sudah membawa kita sejauh ini.
Post a Comment