Our previous journey: Kuwait

Wednesday, December 22, 2010

Oleh-oleh Dari Baghdad

Luigi "Eh gue mo berangkat ke Iraq besok. Mo titip apa?"
Saya "Err... apa ya? Titip live-tweet & foto2!"
Luigi "Mau gue cariin duit Saddam Hussein nggak?"
Saya "Mau mau mau!"

Begitu pembicaraan saya dengan Luigi Pralangga via telpon sore-sore sebelum besoknya berangkat untuk UN Iraq Mission. Seru rasanya mendengarkan cerita langsung di Iraq. Karenanya saya akan share beberapa yang diceritakan Luigi via SMS, email & Twitter.

Twitter:
Eduun, subuh2 dibangunin alarm: "Berlindung..berlindung!..jgn keluar tanpa PPE (Personnel Protection Equipment = Rompi anti Balistik) Edan!.
(link)

Kalau ke zona merah kudu punya autorisasi dan kudu dikawal 1 peleton USF dgn humvee-nya
(link)

Email:
"Kantor saya persis disebelah markas besar USAID - Baghdad dan US Airbase, jadi ribut banget dengan lalu lintas heli yang datang dan pergi macam pangkalan ojek.. dan belom lagi pengumuman indikasi ancaman hujan roket dan mortir naik setahap... PPE itu rompi balistik dan helem, juga IDF adalah Indirect Threat yaitu bahaya serpihan mortir yang pecah dan masih melesat kecepatan tinggi akibat dihadang oleh berondongan meriam C-RAM (Counter Rocket Artilery Mortar).. setusan senapan dan dentuman mah sepertinya udah biasa di telinga ini.. saat menulis email ini aja ramai suara tembakan senapan diluar - persis kayak anak kecil main petasan disaat bulan ramadhan."

"Saat ini suhu di Baghdad dan keseluruhan Iraq mencapai 12-15 celcius, jadi lebih dingin dari Kuwait dan AC di kebanyakan kantor kita pasang, dan tinggal di akomodasi mission yang notabene berada dibawah struktur beton dan dikelilingin oleh karung pasir (Kecuali pintu keluar/masuk) membuat kita selama didalam kabin akomodasi (Baca: Rumah Kontainer) tidak bisa mengetahui apakah diluar itu bersinar matahari atau bulan, kecuali beranjak dan pergi keluar bunker..."

"..disini itu semuanya berlapis baja: kendaraan lapis baja, ambulans lapis baja, helikopter lapis baja, pakaian kerja - anti balistik plus helem dengan radio ini itu.. rasanya seperti beratnya menggendong tubuh kedua, ampun dah!"


Foto suasana akomodasi & kantor markas besar USAID di Baghdad.








Selamat bertugas! Stay safe & good luck!

UPDATE:
Sudah ada cerita lengkap di blognya, silakan baca di sini. Seru pisan!
Post a Comment