Our previous journey: Kuwait

Wednesday, August 01, 2012

Ramadan: Gerge'an


Gergean adalah tradisi tengah Ramadan saat bulan purnama, anak-anak berbusana tradisional berkeliling dari rumah ke rumah untuk menyanyikan lagu tradisional dan mendapatkan candy & sweets, mirip dengan tradisi trick or treat Halloween di negara barat.

Arti harafiahnya, gergean adalah mengetuk pintu. Ada yang mengatakan tradisi ini lahir di lingkungan kaum syiah, bertepatan dengan hari lahir imam besar syiah. Kemudian menyebar ke jazirah arab. Di Oman mereka memanggilnya Qaranqashoh. Tidak diketahui apakah ada keterkaitan langsung dengan tradisi Halloween.

Related stories:
- Apa itu Gerge'an?

2 comments:

azfa said...

kata didats nanggok versi kuwait
http://didats.net/page/gerg3an-nanggok-versi-kuwait/

Anonymous said...

Sekedar info aja, jika ormas wish to org an event with budget concerned, coba jajaki kerjasama dengan Kuwait POW, KGFDS, PAYS, NCAAL, dan Al Babtain Arts and Lit, dengan gergean sebagai tematic nya, dilihat dari perspective anak INA, insha Allah akan terfasilitasi keperluan kita buat mendatangkan performers dari tanah air ... Tapi perlu a year in advance lho booking dengan mereka, at least itu yg dipersiapkan oleh negaras sahabat yg pernah kerjasama ..